PASAR KONSUMEN dan TAHAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Pasar konsumen dan tahap keputusan pembelian. I. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Kotler Keller menyatakan keputusan pembelian merupakan proses psikologis dasar cara memainkan peran penting dalam memahami bagaimana konsumen secara aktual mengambil keputusan pembelian. Para pemasar harus memahami setiap sisi perilaku konsumen karena konsumen melewati lima tahap proses pembelian yaitu pengenalan masalah pencarian informasi evaluasi alternatif keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. II. Tahap Tahap Keputusan Pembelian Tahap-tahap keputusan pembelian kotler dan Keller menyatakan proses keputusan pembelian lebih dari lima tahap, yaitu: 1. Pengenalan Masalah Pengenalan masalah merupakan proses pembelian dimulai ketika pembeli mengenali masalah atau kebutuhan tersebut. 2. Pencarian Informasi Sumber-sumber informasi utama yang menjadi acuan konsumen dan pengaruh relatif tiap sumber tersebut terhadap keputusan pembelian, sumber informasi konsumen digolongkan ke dalam empat kelompok yang pertama (i) adalah sumber pribadi yaitu keluarga teman tetangga dan kenalan. Kedua (ii) adalah sumber komersial iklan wiraniaga penyalur kemasan dan pajangan di toko. Ketiga (iii) adalah sumber publik yaitu media massa organisasi tertentu perintah konsumen. Keempat (iv) sumber pengalaman itu penanganan pengkajian dan pemakaian produk jumlah dan pengaruh relatif sumber-sumber informasi itu berbeda-beda tergantung pada kategori produk dan karakteristik. 3. Evaluasi Alternatif Proses yang berorientasi kognitif yaitu model tersebut menganggap konsumen membentuk penilaian atas produk dengan sangat sadar dan rasional. Beberapa konsep dapat membantu memahami proses evaluasi konsumen utama (i) konsumen berusaha memenuhi kebutuhan. Kedua (ii) konsumen mencari manfaat tertentu dari solusi produk. Ketiga (iii) konsumen memandang masing-masing produk sebagai sekumpulan atribut dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam memberikan manfaat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Atribut yang diminati oleh pembeli berbeda-beda tergantung jenis produknya 4. Keputusan Pembelian Dalam tahap evaluasi konsumen membentuk preferensi atas merek-merek yang ada dalam kumpulan pilihan konsumen tersebut juga dapat membentuk niat untuk membeli merek yang paling disukai. Namun dua faktor yang berada di antaranya adalah yang membeli dan keputusan pembelian yaitu sikap orang lain semakin gencar sikap negatif orang lain dan semakin dekat orang lain tersebut dengan konsumen Konsumen akan semakin mengubah niat pembeliannya. 5. Perilaku Pasca Pembelian Perilaku itu melihat Setelah membeli produk Konsumen akan mengalami level kepuasan atau ketidakpuasan tertentu. ketidakpuasan pasca pembelian yaitu kepuasan pembeli merupakan fungsi dari beberapa dekat harapan pembeli atas produk dengan kinerja yang dipikirkan pembeli atas produk tersebut. Jika kinerja produk lebih rendah daripada harapan pelanggan akan kecewa. Jika ternyata sesuai harapan pelanggan akan puas dan jika melebihi harapan pembeli akan sangat puas. Akibat tindakan pasca pembelian kepuasan dan ketidakpuasan terhadap produk akan mempengaruhi perilaku konsumen. Jika konsumen tersebut puas ia akan menunjukkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli kembali produk tersebut. Pemakaian dan pembuangan pasca pembelian jika para konsumen yang menyimpan produk itu kedalam lemari untuk selamanya produk tersebut mungkin tidak begitu memuaskan dan kabar dari mulut ke mulut tidak akan lancar. Jika para konsumen tersebut menjual atau mempertukarkan produk tersebut penjualan produk baru akan menurun para konsumen dapat juga menemukan kegunaan baru produk tersebut. Jika para konsumen membuang produk tertentu pemasar harus mengetahui cara mereka membuangnya terutama jika produk tersebut dapat merusak lingkungan. III. Jenis Jenis Tingkah Laku Keputusan Pembelian Jenis-jenis tingkah laku membeli konsumen berdasarkan derajat keterlibatan dan tingkat perbedaan antara merek. diantaranya adalah 1. Tingkah laku membeli yang kompleks Tingkah laku membeli ini akan melewati proses pembelajaran pertama mengembangkan keyakinan mengenai produk kemudian sikap dan selanjutnya membuat pilihan membeli yang dipikirkan matang matang. 2. Tingkah laku membeli yang mengurangi ketidakcocokan Tingkah laku membeli yang mengurai kita cocokkan terjadi ketika konsumen amat terlibat dalam pembelian barang yang mahal cara membeli dan resiko tetap melihat sedikit perbedaan diantara merek setelah pembelian konsumen mungkin mengalami ketidakcocokan pasca pembelian ketika mereka mengetahui kelemahan tertentu dari produk yang mereka beli. 3. Tingkah laku membeli yang merupakan kebiasaan Tingkah laku membeli yang menjadi kebiasaan terjadi di bawah kondisi keterlibatan konsumen rendah dan perbedaan merek Jendral Khan besar dalam hal ini tingkat laku Konsumen tidak diteruskan lewat urutan keyakinan sikap tingkah laku yang biasa Konsumen tidak mencari informasi cara ekstensif mengenai merek mengevaluasi ketertarikan merek dan mengambil keputusan bermodal mengenai merek. 4. Tingkah laku membeli mencari yang variasi Tingkah laku membeli yang mencari variasi dalam situasi yang ditandai oleh keterlibatan konsumen rendah tetapi perbedaan merek dianggap berarti. IV. Keputusan Pembelian Konsumen Keputusan pembelian konsumen merupakan pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan yang ada artinya banyak syarat seseorang dapat membuat keputusan haruslah tersedia beberapa alternatif. keputusan pembelian konsumen umumnya dibagi menjadi tiga kategori yaitu: 1. Perilaku respon rutin Jenis pengambilan keputusan yang diperlihatkan oleh konsumen yang sering mengadakan pembelian barang dan jasa biaya murah dan membutuhkan sedikit pencarian dan waktu. 2. Pengambilan keputusan terbatas Jenis pengambilan putusan yang membutuhkan sejumlah waktu untuk mengumpulkan dan merundingkan mengenal suatu merek yang tidak dikenal dalam suatu kategori produk yang sudah dikenal. 3. Pengambilan keputusan yang efektif pengambilan keputusan konsumen yang paling kompleks digunakan pada saat membeli produk yang belum dikenal mahal atau barang yang jangan dibeli membutuhkan penggunaan beberapa kriteria untuk mengevaluasi dan waktu yang panjang untuk memperoleh informasi. Kesimpulannya adalah Para pemasar harus Melihat lebih jauh bermacam-macam faktor yang mempengaruhi para pembeli dan mengembangkan pemahaman mengenai cara konsumen melakukan putusan pemberian. Demikian tugas RANGKUMAN saya dari Kelas 3B, tentang Pasar konsumen dan model lima tahap keputusan pembelian, Terima Kasih Bapak Deni Adha Akbari SE, M.Si, Selaku dosen pengampu mata kuliah manajemen pemasaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI HARGA dan PSIKOLOGI KONSUMEN

DEFINISI KONSEP DAN PEMASARAN

Riset pemasaran dan pengukuran produktivitas pemasaran