DEFINISI KONSEP DAN PEMASARAN

Definisi dan konsep pemasaran DEFINISI DAN KONSEP PEMASARAN Marketing atau pemasaran menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. Pemasaran atau marketing seringkali dikaitkan bahkan disamakan dengan penjualan. Namun, pada prakteknya konsep yang diusung dalam marketing atau pemasaran tidak serta merta melakukan penjualan yang berdampak langsung pada keuntungan perusahaan. konsep marketing berkaitan dengan filosofi yang digunakan bisnis untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang menguntungkan pelanggan maupun perusahaan filosofi yang sama tidak dapat menghasilkan keuntungan bagi setiap bisnis, karenanya bisnis yang berbeda menggunakan konsep pemasaran. Dan hal tersebut juga disebut filosofi manajemen pemasaran, konsep pemasaran mengartikan bahwa untuk memenuhi tujuan organisasi harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam memuaskan mereka terutama dengan cara yang lebih efektif dari pada pesaing konsep ini berasal dari Buku Adam Smith the wealth Of Nation. Namun tidak akan digunakan secara luas, sampai hampir 200 tahun kemudian jadi intinya konsep pemasaran atau marketing merupakan serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan berbagai rangkaian kegiatan, disebut dilakukan agar produk dapat dinimati dan dimanfaatkan oleh masyarakat konsep marketing juga dapat dikatakan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, konsep pemasaran atau marketing memiliki arti dan tujuan yang lebih luas memasarkan produk semata. Konsep pemasaran juga sangat berbeda dari konsep penjualan atau sales pemasaran atau marketing menjadi sebuah Tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menghubungkan perusahaan dengan konsumen agar mereka merasakan kepuasan. Pengertian konsep pemasaran Konsep pemasaran atau marketing merupakan serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan. JENIS JENIS KONSEP MARKETING Ada beberapa jenis konsep marketing yang digunakan oleh perusahaan agar pemasaran produknya menjadi efektif yaitu : 1. Needs (kebutuhan) Sesuatu yang penting bagi seseorang untuk menjalani kehidupan yang sehat, stabil dan aman. kebutuhan ini dapat bersifat objektif dak fisik. Seperti kebutuhan makanan, air, dan tempat tinggal atau subjektif dan psikologis seperti kebutuhan untuk menjadi anggota keluarga atau kelompok social kebutuhan untuk memperoleh harga diri. 2. Wants (keinginan) Sesuatu yang diinginkan atau di cita cita kan, keinginan tidak sepenuhnya penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering dibentuk oleh budaya 3. Demands (permintaan) yaitu ketika kebutuhan dan keinginan di dukung oleh kemampuan membayar mereka memiliki potensi untuk menjadi tuntutan ekonomi ada banyak konsep marketing yang digunakan oleh marketer sebagai referensi di bidang pemasaran beberapa konsep pemasaran ini ada yang sampai saat ini semetara yang lain tidak using dan tidak pernah diambil oleh konsep pemasaran lainnya. 5 KONSEP MARKETING • Konsep produksi Konsep produksi ketika di definisikan bisnis yang berorientasi pada produk berdominasi pasar hal tersebut dari awal berkapitalisme 1950, perusahaan yang menggunakan konsep produksi memiliki keyakinan bahwa pelanggan terutama menginginkan produk yang terjangkau dan dapat di akses. Konsep produksi didasarkan pada pendekatan perusahaan dan dapat meningkatkan pasokan karna mengurangi biaya, konsep produksi bisnis dapat menurunkan biaya melalui produksi masal sebuah perusahaan yang berorientasi produksi percaya pada skala ekonomi atau penurunan biaya produksi, dimna produksi masal dapat menurunkan biaya dan memaksimalkan keuntungan secara keseluruhan konsep produksi berorientasi pada oprasi. • Konsep Produk Konsep produk adalag konsep bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih menyukai produk dengan kwalitas dengan harga yang lebih tinggi dan ketersediaan tidak mempengaruhi keputusan pembelian mereka maka perusahaan menggembangkan produk dengan kwalitas tinggi yang biasa nya ternyata mahal , salah satu contoh mode yang terbaik adalah perusahaan IT yang selalu meningkatkan dan memperbaiki produk mereka untuk membeda kan diri dari pesaing karna fokus utama pemasaran adalah kwalitas produk. • Konsep Penjualan Konsep penjualan adalah membuat penjualan produk yang sebenarnya konsep penjualan berfokus pada membuat setiap kemungkinan penjualan produk terlepas dari kwalitas produk atau kebutuhan pelanggan konsep penjualan menyoroti bahwa pelanggan akan membeli produk produk perusahaan hanya jika perusahaan ingin menjual produk nya secara agresif penjual filasofi ini tidak termasuk membangun hubungan dengan pelanggan ini berarti bahwa penjualan berulang jarang terjadi dan keputusan pelanggan tidak lah bagus • Konsep Pemasaran Konsep pemasaran adalah menempatkan konsumen di pusat tujuan organisasi bisnis, konsumen pengembangan bisnis bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan riset pasar. Mulai dari konsep produk atau penjualan dengan berfokus pada kebutuhan keinginan dan pasar perusahaan dapat memberikan nilai lebih dari pesaing nya konsep pemasaran menekankan strategi Tarik dan full strategi ini berarti bahwa suatu merk yang sangat kuat akan membuat pelanggan selalu lebih suka merk anda dan lainnya. • Konsep Pemasaran Masyarakat Menyoroti kebutuhan dan keinginan pasar target dan pengiriman feliu yang lebih baik dari pada pesaingnya konsep ini juga menekankan pentingnya kesejahteraan pelanggan dan masyarakat secara keseluruhan atau di sebut kesejahteraan konsumen atau juga disebut kesejahteraan masyarakat. Konsep pemasaran masyarakat mengajak pemasar untuk membangun timbangan sosial etika dan praktek pasaran mereka, mereka harus menyimbangkan kiteria laba perusahaan yang sering kali bertentangan antara kekuasaan konsumen dan kepentingan publik MARKETING VS PENJUALAN • Konsep Marketing Peran pertukaran yang saling memuaskan adalah penting bagi konsumen marketing. Konsep ini mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah konsep pemasaran perusahaan yang lebih efektif daripada pesaing dalam menciptakan, memberiikan, mengkomunikasikan nilai pelanggan ke pasar. Sasaran yang dipilih untuk memuaskan pelanggan dengan keuntungan. Konsep pemasaran menggambarkan keadaan ideal, hal ini ada ketika organisasi memfokuskan semua upayanya untuk menyediakan produk yang memuaskan pelanggan. Pelanggan adalah titik fokus untuk bagaimana setiap area organisasi dijalankan. Produk dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Konsep marketing secara erat mengkoordinasikan upaya mereka untuk memuaskan keinginan pelanggan dan mencapai tujuan jangka panjang organisasi. Organisasi yang mengadopsi konsep pemasaran berkomitmen pada filosofi yang berfokus pada pasar yang didorongoleh pelanggan. • Konsep Penjualan Konsep penjualan mengadopsi pada filosofi bahwa pelanggan jika dibiarkan sendiri tidak akan membeli cukup produk-produk perusahaan dan karenanya perusahaan harus melakukan upaya penjualan dan promosi agresif skala besar. Konsep ini digunakan ketika perusahaan memiliki produk yang banyak dan harus mereka juan untuk menghabiskan persediaan mereka. Konsep ini dipraktekan secara lebih mendalam dalam hal barang yang tidak terpikirkan, yang jarang orang lain ingin beli seperti produk asuransi, ensiklopedia dan lain sebagainya. Tujuan penjual adalah menjual apa yang mereka hasilkan daripada membuat apa yang akan dijual dipasar. Kesimpulannya adalah perbedaan-perbedaan mendasar pada konsep marketing dan penjualan akan membuat kedua konsep ini tidak disamakan pada konsep penjualan produk adalah hal yang menjadi fokus utama sementara pada konsep pemasaran kepuasan konsumen menjadi titik awal pembuatan produk. Sehingga konsumen merasa terpenuhi kebutuhan. Namun untuk keuntungan usaha yang optimal ada baiknya memadukan kedua konsep ini secara terarah agar layanan atau produk pada bisnis yang kita jalankan bisa dikenal dan digunakan banyak orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI HARGA dan PSIKOLOGI KONSUMEN

Riset pemasaran dan pengukuran produktivitas pemasaran