Riset pemasaran dan pengukuran produktivitas pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran Apa itu Riset Pemasaran? Pengertian riset pemasaran adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan lebih memahami target pasar perusahaan. Riset pasar juga merupakan proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan langsung dengan pelanggan potensial. Tujuan Riset Pemasaran Tujuan dari riset pasar adalah untuk melihat pasar yang terkait dengan barang atau jasa tertentu untuk memastikan bagaimana audiens akan menerimanya. Hal ini dapat mencakup pengumpulan informasi untuk tujuan segmentasi pasar dan diferensiasi produk, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan upaya periklanan atau menentukan fitur mana yang dipandang sebagai prioritas konsumen. Fungsi dan Objek Riset Pemasaran Fungsi dari riset pemasaran terdiri dari: 1. Fungsi deskriptif Adalah fungsi dikumpulan dan disajikan pernyataan mengenai fakta. 2. Fungsi diagnostik Adalah pembahasan mengenai data atau tindakan. 3. Fungsi prediktif Adalah spesifikasi mengenai bagaimana memakai riset deskriptif dan diagnostik untuk memprediksi hasil keputusan pemasaran yang terencana. Metode dan Jenis Riset Pasar. 1.Riset Pasar Primer (Kombinasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif). Adalah suatu proses dimana organisasi atau bisnis berhubungan dengan konsumen akhir atau mempekerjakan pihak ketiga untuk melakukan studi yang relevan dalam pengumpulan data. 2.Riset Pasar Sekunder. Riset pasar sekunder menggunakan informasi yang dikelola oleh sumber luar, seperti Lembaga Pemerintah, media, kamar dagang industri dan lainnya. Informasi ini dipublikasikan di surat kabar, majalah, buku, situs web perusahaan, lembaga pemerintah dan non-pemerintah gratis. Sumber sekunder memanfaatkan hal-hal sebagai berikut, yang pertama adalah sumber publik. Sumber publik seperti perpustakaan adalah cara yang luar biasa untuk mengumpulkan informasi gratis. Selanjutnya adalah sumber komersial. Sumber komesial meskipun dapat diandalkan harganya bisa sangat mahal koran lokal, majalah, jurnal media, televisi adlah sumber komersial yang bagus untuk mengumpulkan informasi. Selanjutnya adalah institusi pendidikan. Meskipun bukan sumber pengumpulan informasi yang populer, kebanyakan universitas dan institusi pendidikan adalah sumber informasi yang kaya. Karena banyak proyek penelitian dilakukan disana daripada sector bisnis manapun C.Tips Melakukan Riset Pasar Bisnis. 1.Tentukan tujuan penelitian anda. 2. Pelajari tentang target pelanggan anda. 3.Mengetahui siapa yang anda layani. 4.Belajar dari pesaing. 5. Buat pelanggan target anda terbuka. Manfaat Riset Pasar yang Efisien. 1.Membuat keputusan yang terinformasi dengan baik. 2.Mendapatkan informasi yang akurat. 3.Menentukan ukuran pasar. 4.Memilih sistem penjualan yang sesuai. 5.Mempelajari tentang preferensi pelanggan. 6.Mengumpulkan detail tentang persepsi pelanggan tentang merek. 7.Analisis metode komunikasi pelanggan. 8.Investasi bisnis yang produktif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI HARGA dan PSIKOLOGI KONSUMEN

DEFINISI KONSEP DAN PEMASARAN