RISET PEMASARAN dan PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PEMASARAN
Mengukur Produktivitas Pemasaran
Satu tugas penting riset pemasaran adalah menilai efisiensi dan efektivitas aktivitas pemasaran . Pemasar semakin bertanggung jawab atas investasi mereka dan harus mampu menilai pengeluaran dan meminta persetujuan dari manajemen senior.
Dua pendekatan yang saling melengkapi untuk mengukur produktivitas pemasaran adalah :
1. Metric pemasaran untuk menilai efek pemasaran
2. Pembentukan bauran pemasaran untuk memperkirakan hubungan kausal dan bagaimana kegiatan pemasaran memengaruhi hasil.
1. Metriks pemasaran
Pemasar menggunakan banyak sekali ukuran untuk menilai efek pemasaran. Metriks pemasaran adalah perangkat ukuran yang membantu perusahaan menghitung, membandingkan, dan menginterpretasikan kinerja pemasaran mereka.
Mengukur kinerja pemasaran
Pemasar dewasa ini menunjukkan minat yang makin besar dalam mengembangkan metriks pemasaran yang lebih baik untuk mengukur kinerja rencana pemasaran. Manajer dapat menggunakan analisis sebagai alat untuk memeriksa kinerja rencana;
1 Analisis penjualan.
2. Analisis pangsa pasar.
3. Analisis biaya atas penjualan pemasaran..
4. Analisis keuangan.
5. Analisis profitabilitas.
6. Analisis profitabilitas pemasaran;
Perbedaan antara Biaya langsung dan biaya penuh:
1. Biaya langsung adalah biaya yang dapat dibebankan langsung pada entitas pemasaran yang tepat..
2. Biaya umum yang dapat dilacak. Biaya yang hanya dapat dibebankan secara tidak langsung, tetapi masih tetap masuk akal, pada entitas-entitas pemasaran.
3. Biaya umum yang tidak dapat dilacak yaitu yang pengalokasiannya pada entitas pemasaran dilakukan dengan sangat sewenang-wenang.
2. Pembentukan bauran pemasaran
Akuntabilitas pemasaran juga berarti bahwa para pemasar dapat lebih tepat mengestimasikan efek dari investasi pemasaran yang berbeda. Model bauran pemasaran menganalisis data dari berbagai sumber, seperti data pemindai pengecer, data pengiriman perusahaan, penetapan harga, media dan data pengeluaran promosi, untuk memahami lebih tepat efek dari kegiatan pemasaran khusus.
Komentar
Posting Komentar